Intoleransi Di Indonesia

Sebagai negara yang memiliki keanekaragaman ras, suku bangsa, agama, dan berbagai perbedaan lainya, Indonesia sudah sejak lama berada ditengah isu intoleransi yang begitu sensitif. Masyarakat Indonesia tentu sudah familiar dengan berbagai isu intoleransi yang ada di Indonesia selama ini, dan bahkan sudah banyak contoh peristiwa yang terjadi yang dilandasi oleh isu intoleransi. Misalnya salah satu yang paling besar dan paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia adalah peristiwa yang terjadi di tahun 1998 yang dikenal juga dengan istilah Insiden 98. Peristiwa tersebut sungguhlah merupakan aib bagi Negara Indonesia yang dilandasi oleh isu intoleransi, lebih spesifiknya menyangkut isu ras.

Masyarakat Indonesia masih sering memiliki rasa intoleransi terhadap masyarakat lainnya, maraknya intoleransi di Indonesia juga menunjukkan seberapa banyak masyarakat yang kualitasnya sangat di bawah ekspektasi, bisa dibilang juga tertinggal dibandingkan masyarakat di berbagai negara lain. Kualitas sumber daya manusia yang masih cenderung rendah ini diyakini masih menjadi alasan utama seringnya terjadi masalah-masalah intoleransi di Indonesia. Oleh karena itu, membangun sumber daya manusia yang lebih beradab dan toleran adalah hal yang krusial saat ini bagi Indonesia, karena jika tidak maka isu intoleransi akan terus hidup ditengah masyarakat kita.

Selain isu intoleransi yang menyangkut ras, isu agama juga adalah yang paling sering mengalami intoleransi, dengan adanya istilah mayoritas dan minoritas yang semakin memperkeruh situasi. Seringnya kita melihat  kejadian di suatu daerah dimana ada suatu agama yang menjadi mayoritas di daerah tersebut, maka ada beberapa oknum masyarakat penganut agama mayoritas tersebut yang bersikap arogan dan intoleran dengan keberadaan agama lain yang kebetulan jumlahnya lebih sedikit atau minoritas. Tindakan-tindakan seperti pembatasan aktivitas agama, bahkan sampai pelarangan ibadah dan pembangunan tempat ibadah tentu saja sudah sering kita lihat mewarnai pemberitaan di Indonesia terjadi di berbagai daerah. Hal seperti ini tentu sangatlah mencoreng nama Indonesia di mata dunia internasional, dan juga menjadi ironi bagi suatu negara yang memiliki ideologi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika yang maknanya adalah persatuan ditengah keberagaman.

Di Indonesia, agama memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dikatakan dalam ideologi bangsa Indonesia Pancasila: “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Beberapa agama di Indonesia memiliki pengaruh kolektif terhadap politik, ekonomi dan budaya. Hal inilah yang juga menjadi alasan kenapa isu agama itu sangat sensitif dan dapat berpengaruh besar bagi bangsa Indonesia apabila intoleransi masih marak terjadi ditengahnya. Ketika intoleransi agama terjadi dan tidak berhasil dipadamkan sesegera mungkin, maka itu akan semakin membesar dan menciptakan konflik agama yang lebih luas dan dapat mempengaruhi tatanan Negara Indonesia. Situasi politik, ekonomi, dan budaya di Indonesia akan tergangu dengan adanya intoleransi yang tidak berhasil diredam, mengingat betapa krusialnya posisi agama di Negara kita.

Banyak sikap intoleran yang dilakukan secara sadar dan tidak sadar. Perilaku intoleran yang dilakukan secara individu sanggup berupa persepsi buruk, stereotip, stigma, hinaan, juga bercandaan berbau SARA. Perilaku intoleran yang dilakukan akan memunculkan hal hal untuk membalas dendam. Untuk melawan sikap intoleran tersebut, masing-masing individu wajib mempertimbangkan sikap intolerannya pada warga yang akan membangun rasa tidak percaya & perselisihan. Sebuah perjalanan berawal menurut satu langkah kecil. Oleh karena itu, penting bagi kita semua, bukan hanya para pemangku jabatan pemerintahan tapi keseluruhan masyarakat Indonesia untuk semakin membangun sumber daya manusia yang lebih baik, lebih toleran terhadap sesama kita terlepas dari apapun perbedaan yang ada ditengah kita semua. Dengan begitu, kita dapat membangun Indonesia yang lebih baik dan dijauhkan dari segala isu intoleransi yang dapat mengancam kesatuan bangsa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s